Negara-Negara di Asia tenggara : Vietnam




Negara Vietnam memilki nama resmi Republik Sosialis Vietnam adalah negara republik dengan kepala negara Presiden dan kepala pemerintahan Perdana Menteri. Ibukota Vietnam adalah Hanoi.


- Letak, Luas dan Batas
Vietnam berada di sebelah timur daratan Asia Tenggara tepatnya berada di ujung timur Semenanjung Indochina. Secara astronomis terletak pada posisi 8º LU - 21º LU dan bujur 102º BT - 109º BT. Luas Vietnam sekitar 371.690,0 km². Batas-batas negara Vietnam adalah, utara : RRC, timur : Teluk Tonkind dan Laut China Selatan, selatan : Laut China Selatan, barat : Laos dan Kamboja.


- Bentang Alam
Secara umum bentang alam vetnam terdiri dari 4 kelompok, yaitu :
a. Plato Yunan di barat laut, terdapat titik tertinggi yaitu Gunung Fan Si Pan (3.143 m)
b. Delta Sungai Merah (Song Hong) di sepanjang Teluk Tonkin
c. Pegunungan Annam membujur dari arah barat laut sampai tenggara
d. Delta Sungai Mekong di selatan

- Iklim
Vietnam berada di daerah yang beriklim tropis. Musim hujan terjadi pada bulan Oktober sampai September. Suhu rata-rata pertahun mencapai 28º C.

- Keadaan Penduduk
Jumlah penduduk pada tahun 2003 sekitar 80,8 juta jiwa dan ngaka pertumbuhan penduduk mecapai 1,3% per tahun. Penduduk asli adalah orang Vietnam (88%). Sisanya terdiri atas orang China, Khmer, dan Thai. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Vietnam sebagai bahasa resmi serta Inggris, Perancis dan China bahasa sehari-hari. Sebagian besar penduduk menganut agama Budha, Kristen dan Tao.

- Kegiatan Ekonomi
Vietnam merupakan negara agraris, dengan hasil utama padi. Selain padi pertaniannya menghasilkan buah-buahan, sayuran, ubi jalar, jugung, tebu, teh dan kopi. vietnam juga sebagai penghasil ikan darat dan ikan laut yang besar, di ekspor ke Jepang, Korea, Hongkong dan negara lainnya.
Pertambangan negara Vietnam yang utama adalah antrasit (batu bara bermutu tinggi) terdapat di utara Hanoi. Barang tambang lainnya yang tergolong banyak adalah fosfat, tembaga, timah, seng, dan krom. Juga terdapat penambangan bijih besi di Thai Nguyen.
Sektor industri Vietnam belum berkembang pesat. Beberapa industri yang penting di antaranya semen, tekstil, makanan, kimia, kertas, dan industri pupuk.


-Peta Negara Vietnam
Image Source : google.com

ARTIKEL TERKAIT






Comments
1 Comments

Share your views...

1 Respones to "Negara-Negara di Asia tenggara : Vietnam"

hanako-kun mengatakan... [Balas]

Sangat membantu....terima kasih


21 September 2015 pukul 21.32

Posting Komentar

Semoga Bermanfaat Bagi Anda! Silahkan Berkomentar!
Maaf bila Admin lambat dalam memberikan respon, karena tidak 24 jam Online.
DILARANG berkomentar tentang hal - hal yang mengandung unsur spam, SARA, dan menyinggung siapapun.
Terima Kasih!

 

© 2010 Belajar is Fun All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info