Negara-Negara di Asia tenggara : Laos



Negara Laos memilik nama resmi Republik Demokrasi Rakyat Laos. Kepala Negara dijabat oleh Presiden dan kepala pemerintahan dijabat Perdana Menteri. Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memili pantai. Ibukota negara adalah Vientiane.


- Letak, Luas dan Batas
Laos merupakan negara satu-satunya landrocked country di Asia Tenggara dengan luas wilayah 236.800 km². Secara astronomis Laos terletak antara garus lintang 14º LU - 22,5º LU dan 100º BT - 107,8º BT. Laos berbatasan dnegan 5 negara. Yaitu utara berbatasan dengan China dan Vietnam, timur berbatasan dengan Vietnam, selatan berbatasan dengan Kamboja serta sebelah barat berbatasan dengan Thailand dan Myanmar.


- Bentang Alam
Sebagian besar wilayah Laos merupakan daerah dataran tinggi. Dataran rendah umumnya hanya terdapat di bagian selatan dan barat daya. Di bagian utara terdapat dataran tinggi Thran Hin dan Pegunungan Kordillera Annam. Puncak tertingginya terletak di Phou Bia (2.820 m). Wilayah Laos dialiri oleh beberapa sungai. Sungai terbesar adalah Sungai Mekong.

- Iklim
Laos terletak di daerah beriklim tropis dengan pergantian antara musim kemarau dan hujan sangat jelas. Ada 3 musim di negara ini yaitu musim hujan yang panas berlangsung pada bukan Juni - Oktober, musim kemarau yang sejuk pada bulan November - Februari dan musim pancaroba pada bukan Maret.

- Keadaan Penduduk
Pada tahun 2003, Laos berpenduduk sekitar 5,6 juta jiwa dengan angka pertumbuhan penduduk 2,3 % per tahun. Sebagian besar penduduk tinggal di daerah sekitar sungai, yaitu orang Loas. Orang Thai hidup di dataran tinggi, orang Meo dan Yao bertempat di pengunungan. Bahasa resmi Laos adalah Lao. Sebagian besar penduduk menganut agama Budha. Namun ada juga yang menganut Animisme, Kongfotzu, Katolik dan Kristen


- Kegiatan Ekonomi
Mata pencaharian utama penduduk Laos pada sektor pertanian. Hasil pertanian utamanya berupa padi, jagung, tembakau, kapas, kopi dan buah jeruk. Daerah pertanian umumnya berada di daerah dataran rendah terutama di tepi sungai Mekong. Dari sektor pertambangan Laos memiliki berbagai deposit mineral, diantaranya gipsum, timah batu garam, bijih besi, batubara, timbal, dan seng.
Sektor perindustrian Laos tidak terlalu berkembang. Sebagian perindustrian bergerak di bidang permunian timah, pengolahan kayu, rokok dan barang keperluan rumah tangga.


- Peta Negara Laos

ARTIKEL TERKAIT






Comments
0 Comments

Share your views...

0 Respones to "Negara-Negara di Asia tenggara : Laos"

Posting Komentar

Semoga Bermanfaat Bagi Anda! Silahkan Berkomentar!
Maaf bila Admin lambat dalam memberikan respon, karena tidak 24 jam Online.
DILARANG berkomentar tentang hal - hal yang mengandung unsur spam, SARA, dan menyinggung siapapun.
Terima Kasih!

 

© 2010 Belajar is Fun All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info