Negara-Negara di Asia tenggara : Brunei Darussalam




Negara Brunei Darussalam merupakan negara yang berbentuk kesultanan (monarkhi). Kepala Negara dan kepala pemerintahan dijabat oleh sultan. Ibukota negara Brunei adalah Bandar Seri Begawan.


-Letak, Luas dan Batas
Secara Astronomis, Brunei Darussalam terletak pada 4º30' LU - 5º LU dan 114º40' BT - 115º5' BT. Luas negara ini 5.770,5 km², Wilayah Brunei Darussalam terletak di pantai barat laut pulau Kalimantan dengan batas utara Laut China Selatan. Seluruh kawasan Brunei dikelilingi wilayah Sarawak (Malaysia).

- Bentang Alam
Secara fisiologi, Brunei Darussalam terbagi atas 2 bagian. Yaitu bagian barat (Daerah Tutong) dan timur (Daerah Temburong). Di bagian barat umumnya berupa rawa-rawa dan hutan bakau. Semakin ke pedalaman dairah ini berbukit-bukit dengan ketinggian rata-rata 100m. Di wilayah ini terdapat 3 sungai yaitu Sungai Belait (terpanjang), sungai Tutong dan Sungai Brunei.
Daerah Temburong merupakan daerah perbukitan yang lebih tinggi daripada wilayah barat. Di ujung selatan daerah timur ini terdapat puncak tertinggi bernama Bukit Pagon (1.850 m). Sungai di wilayah ini umumnya mengalir ke utara, antara lain Sungai Temburong, Sungai Pandarun, Sungai Belalong dan Sungai Batu Apoi.

- Iklim
Brunei beriklim tropis dengan curah hujan dan kelembaban tinggi sepanjang tahun. Musim kemarau di Brunei berlangsung singkat yaitu bulan Juni sampai Agustus.

- Keadaan penduduk
Pada tahun 2003 peduduk Brunei sekitar 400 ribu jiwa. Pertumbuhan penduduknya 1,9% per tahun. Lebih dari 65% penduduknya keturunan Melayu dan 25% keturunan Cina. Sisanya terdiri dari suku Dayak, Iban dan Belait. Sebagian besar penduduknya beragama islam (63%). Bahasa resminya adalah Bahasa Melayu.


- Kegiatan Perekonomian
Kegiatan ekonomi bertumpu pada sektor pertambangan minyak bumi dan gas alam yang diekspor menghasilkan devisa sangat besar digunakan untuk menumpu kegiatan ekonomi. Tempat pertambangan minyak bumi terdapat di Seria, lepas pantai Kuala Belait, Amper dan Jerudong. Usaha pertanian yang banyak dilakukan adalah padi, kelapa, lada dan buah-buahan. Namun hasilnya belum mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri. Industri yang diusahakan adalah industri kain tenun dan industri logam.

- Peta Negara Brunei Darussalam


ARTIKEL TERKAIT






Comments
0 Comments

Share your views...

0 Respones to "Negara-Negara di Asia tenggara : Brunei Darussalam"

Posting Komentar

Semoga Bermanfaat Bagi Anda! Silahkan Berkomentar!
Maaf bila Admin lambat dalam memberikan respon, karena tidak 24 jam Online.
DILARANG berkomentar tentang hal - hal yang mengandung unsur spam, SARA, dan menyinggung siapapun.
Terima Kasih!

 

© 2010 Belajar is Fun All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info