Negara-Negara di Asia tenggara : Kamboja



Negara Kamboja merupakan negara kerajaan dengan kepala negara seorang Raja dan kepala pemerintahan adalah Perdana Menteri. Ibukota Kamboja adalah Phnom Penh

- Letak, Luas dan Batas
Kamboja terletak di bagian barat daya dari semenanjung Indochina. Secara astronomis Kamboja terletak pada 10ºLU - 13ºLU dan 102º BT - 105º BT. Kamboja memiliki luas wilayah 181.041 km². Batas - batas negara Kamboja adalah, sebelah utara : Laos, timur : Vietnam, selatan : Vietnam dan Barat : Thailand dan Teluk Siam.

- Bentang Alam
Bentang alam Kamboja bagian tengahnya merupakan dataran besar yaitu Tonle Sap yang dikelilingi Pegunungan Dong Rak (Phonon Dang Peh) di utara, Pegunungan Cordamon di barat, Plato Ratonakiris dan Plato Mondol Kiri di timur.
Puncak tertingginya adalah Gunung Phnum Aoral (1.771 m) yang terletak di Pegunungan Cardamon. Teluk Kompong Som merupakan pelabuhan alam yang paling baik di Asia Tenggara. Bentang alam lain yang berpengaruh bagi Kamboja adalah Danau Sap yang merupakan danau terbesar di Kamboja.

- Iklim
Kamboja beriklim muson tropis. Musim kemarau berlangsung pada bulan November sampai Mei karena pengaruih angin muson timur laut Musim hujan pada bulan April sampai Oktober.

- Keadaan Penduduk
Pada tahun 2003 penduduk Kamboja sekitar 12,6 juta juwa dan sebagian besar tinggal di pedesaan. Bangsa yang paling banyak di Kamboja adalah bangsa Khmer (88%), terdapat juga etnis China dan Vietnam masing-masing mencapau 4,5%. Bahasa yang dipergunakan adalah bahasa Khmer. Sebagian besar penduduk Kamboja beagama Budha Theravada (88,4%), penduduk yang lainnta beragama Islam, Katolik, Budha Mahayana, dan Kepercayaan Animisme.

 - Kegiatan Ekonomi
Perekonomian di Kamboja ditopang oleh sektor pertanian. Sekitar 80% lahan pertanian ditanami padi. Daerah penanaman padi berada di dataran besar Tonle ap dan sekitar Sungai Mekong. Hasil pertanian lainnya mmeliputi karet, umbi-umbian, jagung, buncis, dan tembakau. Kegiatan industri meliputi industri semen dan pengolahan karet.


- Peta Negara Kamboja
Image Source : google.com

ARTIKEL TERKAIT






Comments
0 Comments

Share your views...

0 Respones to "Negara-Negara di Asia tenggara : Kamboja"

Posting Komentar

Semoga Bermanfaat Bagi Anda! Silahkan Berkomentar!
Maaf bila Admin lambat dalam memberikan respon, karena tidak 24 jam Online.
DILARANG berkomentar tentang hal - hal yang mengandung unsur spam, SARA, dan menyinggung siapapun.
Terima Kasih!

 

© 2010 Belajar is Fun All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info