Negara-Negara di Asia tenggara : Malaysia




Negara Malaysia :
  • Ibukota                        : Kuala Lumpur
  • Mata uang                   : Ringgit
  • BentukPemerintahan : Kerajaan 
  • Bahasa Resmi             : Melayu
  • Lagu Kebangsaan      : Negaraku
  • Kepala Negara            : Yang Dipertuan Agung.
  • Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri
-Letak, Luas dan Batas
Wilayah Malaysia terdiri dari 2 bagian, yaitu Malausia Barat (Semenanjung Malaya) dan Malaysia Timur di Pulau Kalimantan. Malaysia terletak pada posisi 1º LU - 7º LS dan bujur 100º BT - 120º BT. Luas Malaysia secara keseluruhan adalah 330.435 km².
Malaysia Barat sebelah utara berbatasan dengan Thailand; timur, Laut China Selatan; sebelah selatan, Singapura; sebelah barat, selat Malaka.
Sedangkan Malaysia Timur sebelah utara berbatasan dengan Laut China Selata; timur, Laut Sulawesi; selatan, Indonesia, dan barat Laut China Selatan.

- Bentang Alam
1) Malaysia Barat
Wilayah di Semenanjung Malaya didominasi oleh rangkaian pegunungan (sirkum Mediteran) dengan puncak tertinggi yaitu Gunung Tahan (2.187 m) bagian tengah yang berupa dataran tinggi berbatasan dengan Negara Thailand disebut tanah genting kra atau dataran tinggi berbatasan dengan Negara Thailand disebut "Tanah Genting Kra" atau dataran tinggi menyerupai punggung sapi. Di bagian barat terdapat dataran rendah dengan pantai yang agak sempit, sedangkan di bagian timur terdapat dataran rendah yang luas terdiri dari tanah aluvial yang subur. Malaysia Barat dilalui oleh tiga sungai utama, yaitu Sungai Pahang, Sungai Perak dan Sungai Kelantan
2) Malaysia Timur

Malaysia Timur juga didominasi rangkaian pegunungan (Sirkum Pasifik) dari Sabah hingga Sarawak membentang Pegunungan Creker dengan puncak tertinggi Gunung Kinabalu (4.101m) yang merpakan puncak tertinggi di Malaysia. Sungai utamanya adalah Sungai Kinabatangan di Sabah, serta Sungai Rajang dan Sungai Baram di Serawak.

- Iklim
Malaysia beriklim Tropis, dengan temperatur dan kelembaban tinggi. Curah hujan tertinggi akibat pengaruh angin muson timur laut yang bertiup antara bulan November hingga Maret.

- Keadaan Penduduk
Jumlah penduduk pada pertengahan tahun 2003 adalah 25,1 juta jiwa dengan tingkat pertumbuhan mencapai 2,1 % per tahun. Penduduk Malaysia Barat terdiri atas golongan Melayu (50%), China (30%), India (11%) sisanya adalah orang Eropa dan penduduk asli Malaysia.
Sedangkan di Malaysia Timur terdiri atas orang Dayak Iban dan Dayak Melanau di Serawak. Di bagian Sabah, terdapat orang Kadazan dan Bajau.

-Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi utama negara Malaysia adalah pada sektor pertanian. Sebagian besar lahan pertaniannya merupakan areal perkebunan dengan tanaman utama karet dan kelapa sawit. Daerah penanaman karet terletak di Kedah, Perak, Pahang, Selangor, dan Negeri Sembilan. Kelapa sawit terdapat di Johor, Perlak, Pahang, dan Trengganu
Hasil pertambangan yang penting antara lain timah putih (terbesar di dunia) terdapat di daerah Ipoh (Perak), minyak bumi terdapat di Miri (Serawak). Hasil tambang yang lain bauksit, bijih besi, emas dan batu bara.
Sektor Industri Malaysia terus mengalami peningkatan Industri yang dikembangkan antara lain, idustri elektronika, pesawat terbang dan mobil merk proton. Pusat kawasan Idunstri Malaysia terdapat di kawasan industri Petaling Jaya

-Peta Negara Malaysia
Image Source : google.com

ARTIKEL TERKAIT






Comments
0 Comments

Share your views...

0 Respones to "Negara-Negara di Asia tenggara : Malaysia"

Posting Komentar

Semoga Bermanfaat Bagi Anda! Silahkan Berkomentar!
Maaf bila Admin lambat dalam memberikan respon, karena tidak 24 jam Online.
DILARANG berkomentar tentang hal - hal yang mengandung unsur spam, SARA, dan menyinggung siapapun.
Terima Kasih!

 

© 2010 Belajar is Fun All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info