Negara-Negara di Asia tenggara : Filipina



Negara Filipina
  • Ibukota                        : Manila
  • Mata uang                   :Peso Phi
  • Bentuk Pemerintahan: Republik
  • Bahasa Resmi             : Tagalog
  • Lagu Kebangsaan      : Lupang Hinirang
  • Kepala Negara            : Presiden
  • Kepala Pemerintahan:Presiden
- Letak, Luas dan Batas
Filipina merupakan negara kepulauan yang memanjang dari utara ke selatan di tepi barat Samudera Pasifik. Secara astronomis terletak pada 4º LU - 21º LU dan 116º BT - 126º BT. Luas Filipina sekitar 301.000 km². Terdiri dari kepulauan yang berjumlah sekitar 7000 buah. Batas negara Filipina adalah utara: Selat Taiwan, timur : Samudra Pasifik, selatan : Laut Sulu dan Laut Sulawesi, barat : Laut China Selatan


- Bentang Alam
Sebagian besar wilayahnya, berupa wilayah pegunungan yang merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik. Di Pulau Luzon Hobos, dan pegunungan Zambales. Di Pulau Mindanao terdapat Pegunungan Diuata yang membujur sepanjang pantai timur dengan puncak tertinggi adalah Gunung Apo (2.954 m) dan merupakan gunung tertinggi di Filipina.

- Iklim
Iklim di Filipina dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain letak, relief, angin dan ketinggian tempat. Secara umum Filipina beriklim tropis. Wilayah yang terletak di timur umumnya lebih basah daripada di bagian barat. Musin gujan terjadi pada bulan Mei sampai November. Filipina sering dilanda angin topan dari Samudra Pasifik, karena berada di daerah perbatasan antara daerah iklim tropis dengan subtropis yang sering terjadi perubahan suhu, tekanan udara yang ekstrim antara samudra dan benua.

-Keadaan Penduduk
Jumlah penduduk tahun 2003 sekitar 81,6 juta jiwa dengan angka pertumbuhan 2,3 per tahun. Sebagian besar penduduk tinggal di Pulau Luzon dan Pulau Cebu. Sebagian besar penduduk Filipina keturunan Melayu. Bahasa nasionalnya adalah bahasa Tagalog. Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa komunikasi sehari-hari dan sebagian kecil berbahasa Spanyol.
Sebagian besar penduduk Filipina menganut agama Katolik, sedangkan agama Islam adalah agama minoritas yang dianut oleh orang Moro di Pulau Mindanao dan Pulau Palawan.

-Kegiatan Perekonomian
Kegiatan ekonomi yang menjadi andalah Filipina adalah pertanian. Hampir setengah dari lahan pertaniannya ditanami padi, jagung, dan tanaman perkebunan. Di kota Los Banos terdapat Pusat Penelitian Padi Internasional dalam bahasa Inggris International Rice Research Institute (IRRI) yang menghasilkan padi bibit unggil dan tahan wereng, yaitu padi jenis IR.
Hasil Pertambangan yang merupakan komoditas ekspor adalah bijih besi terdapat di Pulau Luzon, Cebu dan Mindanao; kromium di Pulau Luzon; tembaga di Pulau Mindanao dan Luzon. hail tambang yang lain adalah emas, perak, timbel, seng, mangan, dan batubara.
Daerah perindustrian terletak di sekitar Tulik Manila dan Teluk Balangas sebagai pusat penyulingan minyak mentah. Industri lain yang berkembang adalah industri tekstil, elektronika, dan industri pengolahan aluminium.

-Peta Negara Filipina
Image source : google.com

ARTIKEL TERKAIT






Comments
0 Comments

Share your views...

0 Respones to "Negara-Negara di Asia tenggara : Filipina"

Poskan Komentar

Semoga Bermanfaat Bagi Anda! Silahkan Berkomentar!
Maaf bila Admin lambat dalam memberikan respon, karena tidak 24 jam Online.
DILARANG berkomentar tentang hal - hal yang mengandung unsur spam, SARA, dan menyinggung siapapun.
Terima Kasih!

 

© 2010 Belajar is Fun All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info