Model dan Teori Atom Rutherford



Model dan Teori Atom Rutherford

 A. Penemuan Partikel Positif oleh Goldstein

Sebelum elektron ditemukan oleh J.J Thomson, E. Goldstein menerangkan adanya berkas sinar yang berfluorisesi pada permukaan dalam tabung sinar katode yang melaju lewat lubang - luang dalam tabung dan bergerak menuju ujung lain dari tabung yang bermuatan negatif.
Artinya, terdapat sinar bermuatan positif bergerak dalam tabung tersebut. Peristiwa terbentuknya terusan dijelaskan oleh Goldstein sebagai berikut :
Diagram eksperimen Goldstein
B. Pembuktian Adanya Partikel Positif oleh Rutherford

Rutherford memodifikasi tabung sinar katode dengan cara mengganti gas helium (sinar α ) dengan gas hidrogen. Penggantian gas hidrogen dengan gas lain menghasilkan sinar serupa dengan sinar terusan yang dihasilkan dari berbagai gas. Sinar yang dihasilkan selalu bermuatan positif yang besarnya merupakan kelipatan dari +1,6 x 10-19C.

Gas hidrogen merupakan unsur terkecil dari gas - gas lainnnya sehingga Rutherford menyimpulkan bahwa muatan partikel positif sama dengan muatan ion positif dari hidrogen, yaitu sebesar +1,6 x 10-19C.
Berapakah massa dari partikel positif tersebut? Data dari percobaan menunjukkan bahwa angka banding e/m ion positif sama dengan 9,57 x 104  Cg-1. Harga tersebut merupakan harga e/m terbesar dari berbagai macam gas yang diteliti.

Dengan demikian, disimpulkan bahwa ion positif hidrogen merupakan partikel dasar bermuatan positif dan dikenal dengan sebutan proton. Massa proton dapat dihitung dari angka banding e/m dan muatan proton, yaitu :
Baca lanjutan dari Model dan Teori Atom Rutherford di : http://belajar-fu.....
Refrensi 

Buku Chemistry (Yudhistira Year X)

ARTIKEL TERKAIT






Comments
0 Comments

Share your views...

0 Respones to "Model dan Teori Atom Rutherford"

Posting Komentar

Semoga Bermanfaat Bagi Anda! Silahkan Berkomentar!
Maaf bila Admin lambat dalam memberikan respon, karena tidak 24 jam Online.
DILARANG berkomentar tentang hal - hal yang mengandung unsur spam, SARA, dan menyinggung siapapun.
Terima Kasih!

 

© 2010 Belajar is Fun All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info