Model dan Teori Atom J.J Thomson



Model dan Teori Atom Thomson. Pandangan Dalton mengenai atom sebagai bagian yang paling kecil tumbang setelah penemuan elektron oleh Thomson. Pada tahun 1897, J.J Thomson melakukan eksperimen menggunakan tabung sinar katode.

Pada percobaannya, Thomson memakai tabung kaca. Dengan menggunakan pompa vakum, tekanan udara dalam tabung dibuat sangat rendah. Pada kedua ujung tabung tersebut dipasang pelat logam.
Kedua pelat logam tersebut kemudian dihubungkan dengan sumber arus bertegangan tinggi sehingga pelat logam berfungsi sebagai elektode. Elektode yang dihubungkan dengan kutub positif dinamakan anode, sedangkan elektrode yang dihubungkan dengan kutub negatif dinamakan katode. Tabung tersebut dinamakan tabung sinar katode.
 
Tabung sinar katode
Bagian dalam tabung berwarna gelap, tetapi bagian depan katode berpendar mengeluarkan cahaya berwarna hijau. Cahaya hijau merupakan radiasi yang berasal dari katode. Di dalam tabung tersebut, sinar katode akan diteruskan menuju layar pendeteksi sinar. Dari layar pendeteksi kita bisa mengetahui posisi sinar yang dipancarkan dari radiasi katode. Kemudian kita bisa mendeteksi apakah terjadi perubahan posisi sinar pada saat jalannya sinar diberi pengaruh tertentu.

Thomson memasang medan magnet pada jalannya berkas sinar. Ternyata, hal ini mengakibatkan terjadinya pergeseran sinar pada dinding tabung. Posisi pergeseran dicatat. Medan listrik searah dipasang pada pelat untuk melawan magnet yang telah ditetapkan. Besar medan listrik diatur agar sinar yang telah bergeser akibat medan magnet kembali pada posisi semula.
Rancangan percobaan sinar katode Thomson
Thomson menemukan bahwa dalam medan magnet, sinar katode dibelokkan. Adapun dalam medan listrik, sinar katode tertarik oleh lempeng logam positif, tetapi ditolak oleh lempeng negatif.
Selanjutnya Thomson menghitung dan membandingkan nilai muatan partikel (e) dan massa (m), sehingga diperoleh e/m sebagai berikut :
Nilai tersebut ternyata sama untuk semua gas. Berarti sinar katode yang dihasilkan setiap gas adalah sama.
PengamatanKesimpulan

Dalam medan magnet, sinar katode dibalikkan
Sinar katode bermuatan
Dalam medan listrik, sinar katode tertarik oleh lempeng logam positif, tetapi ditolak oleh lempeng negatif.Sinar katode bermuatan negatif
Sinar katode yang dihasilkan oleh setiap gas identikSinar katode bermuatan materi

Sinar katode yang ditemukan Thomson disebut elektron. Dengan penemuan tersebut, Thomson mengemukakan model atom tersebar dalam bola tersebut. Penelitian J.J Thomson tersebut menjadi ilham dalam perancangan alat spektroskopi massa. Alat tersebut digunakan untuk menentukan berat atom dan molekul.

Refrensi 

Buku Chemistry (Yudhistira Year X)

ARTIKEL TERKAIT






Comments
5 Comments

Share your views...

5 Respones to "Model dan Teori Atom J.J Thomson"

HarVan Zibreyan mengatakan... [Balas]

nice nih gan...
join ya www.nfxgaul.com


28 Juli 2012 13.38
Ahmad Saadillah mengatakan... [Balas]

Kalo baca postingan agan nih, ane jadi teringat masa masa di Smp dan sma ane gan...
belajar is fun
I agree


28 Juli 2012 13.41
BiF admin mengatakan... [Balas]

@Ahmad Saadillah semoga bermanfaat

MIFTAHBUDI14 mengatakan... [Balas]

wihhh besok kl ada soal kimia bisa nyari2 disini nih :D


1 Agustus 2012 12.30
MIFTAHBUDI14 mengatakan... [Balas]

kunjungan lagi gan... :D


4 Agustus 2012 19.08

Poskan Komentar

Semoga Bermanfaat Bagi Anda! Silahkan Berkomentar!
Maaf bila Admin lambat dalam memberikan respon, karena tidak 24 jam Online.
DILARANG berkomentar tentang hal - hal yang mengandung unsur spam, SARA, dan menyinggung siapapun.
Terima Kasih!

 

© 2010 Belajar is Fun All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info