Sistem Ekskresi Manusia : Ginjal



- Struktur Ginjal

image source : google.com
Ginjal berbentuk seperti biji kacang ercis (kacang kapri), terdiri dari 2 buah, berwarna merah tua. Panjang ginjal antara 10 - 15 cm, beratnya sekitar 200 gram, terletak di dalam rongga perut bagian belakang agak ke atas, sebelah kanan dan kiri ruas - ruas tulang belakang

- Bagian - Bagian Ginjal
Ginjal terbungkus oleh selaput tipis yang disebut kapsula renalis yang terdiri dari jaringan fibrus. Ginjal tebagi menjadi 3 bagian :
a. Bagian luar ginjal (Korteks Renalis)
Korteks tersusun dari sel - sel ginjal atau nefron yang berjumlah sekitar 1 juta sel. Di dalam korteks terdapat badan malphigi yang terdiri atas Glomerulus dan Kapsula Bowman. Pada lapisan ginjal ini terjadi proses filtrasi (penyaringan darah)
b. Bagian dalam (Medulla)
Medulla berbentuk kerucut, dan merupakan tempat berkumpulnya pembuluh darah kapiler dari Kapsula Bowman. Dalam medulla terjadi proses reabsorbsi dan augmentasi oleh tubulus proksimal dan tubulus distal.
c. Rongga ginjal (Pelvis)
Tempat penampungan urin sementara yang keluar dari muara pembuluh atau saluran pengumpul.


- Proses Pembentukan Urine
Image source : google.com

a. Filtrasi
Filtrasi adalah proses penyaringan darah untuk memisahkan zat-zat yang masih digunakan oleh tubuh dengan zat-zat yang tidak digunakan oleh tubuh. Proses ini terjadi di glomerulus, dihasilkan urin primer. Di dalam urin primer masih ada zat yang berguna bagi tubuh.
b. Reabsorbsi
Reabsorbsi adalah proses penyerapan zat - zat yang masih berguna bagi tubuh yang terdapat dalam urin primer. Proses reabsorbsi terjadi dalam tubulus proksimal dan menghasilkan urin sekunder.
c. Augmentasi
Augmentasi adalah proses memasukkan zat - zat sisa sampah yang masih terdapat dalam darah untuk dimasukkan ke dama saluran tubulus distal dan selanjutnya dikeluarkan bersama urin sekunder menjadi urin sebenarnya. Urin sebenarnya selanjutnya ditampung dalam rongga ginjal dan dikeluarkan lewat ureter

- Kelainan - kelainan pada sistem urine
a. Batu ginjal 
batuginjal terjadi karena adanya pengendapan garam kalsium sehingga membentuk endapan seperti batu. Batu ginjal terjadi dalam rongga ginjal atau ureter. Jika terjadi dalam kantong kemih disebut kencing batu.
b. Radang ginjal (nefritis)
Radang ginjal atau nefritis adalah peradangan pada glomerulus disebabkan oleh infeksi bakteri
c. Nefrosis
Nefrosis adalah kelainan yang menyebabkan kebocoran pada glomerolus
d. Sistisis
 Sistisis adalah perdangan pada kandung kemih
e. Gagal ginjal
Gagal ginjal adalah keadaan ginjal yang sudah tidak dapat mengeluarkan zat - zat sisa metabolisme dari dalam tubuh, bahkan zat - zat yang masih berguna bagi tubuh seperti glukosa, asam amino ikut keluar bersama urin. Penyakit ini dapat diatasi dengan cuci darah (dialisis) atau dengan penangan jangka panjang yaitu cangkok ginjal (transplatasi ginjal).

Note :
Bila anda ingin membaca semua artikel tentang Sistem Ekskresi Manusia, silahkan download e-Book : Sistem Ekskresi Pada Manusia

ARTIKEL TERKAIT






Comments
0 Comments

Share your views...

0 Respones to "Sistem Ekskresi Manusia : Ginjal"

Posting Komentar

Semoga Bermanfaat Bagi Anda! Silahkan Berkomentar!
Maaf bila Admin lambat dalam memberikan respon, karena tidak 24 jam Online.
DILARANG berkomentar tentang hal - hal yang mengandung unsur spam, SARA, dan menyinggung siapapun.
Terima Kasih!

 

© 2010 Belajar is Fun All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info